Minggu, 01 Juni 2008

Warna - Warni di Ubud

Ubud selama ini lebih dikenal sebagai desa seni yg mengikuti trend dunia, padahal sejak lama Ubud sudah populer sebagai pusat seni dari berbagai macam yg ada di Bali, dari mulai ukiran kayu, lukisan, tarian, kerajinan perak, dan lain-lain, pokoknya yg namanya seni pasti ada di Ubud. Dataran di Ubud memang lebih tinggi dari Kuta, jangan heran kalau udara di Ubud menjelang sore atau malam terasa sejuk.

Makanya tidak salah kalau di Ubud juga sekarang banyak dibangun villa-villa super mewah, lihat saja ada ; Four Season, Kupu-Kupu Barong, Royal Pitamaha, Alila, Amandari, Begawan Giri, Komaneka, dsb. Disamping villa2 mewah, toko2 Art Shop juga banyak bertebaran disini, bahkan home industri barang-barang seni tumbuh subur di desa2 sekitar, sehingga ekonomi begitu hidup, masyarakat di Ubud punya income yg bagus. Harga tanahnya juga ikut melambung.

Coba kalau kita menuju arah Tegalalang dari Ubud ke arah utara, lebih dari 10 Km berjejer usaha kerajinan tangan plus show room kecilnya, jangan lihat tokonya yg kecil, tetapi export barang kerajinan dari sini bisa sampai ke pelosok dunia, pokoknya segala macam yg namanya kerajinan dari tangan so pasti ada disini. Tidak semua orang dari lokal Ubud saja yg berdagang hasil kerajinan di daerah ini, ada juga para perantau dari Yogya, Bandung dan beberapa kota di Jawa ikutan buka show room.
Harga retailnya sangat murah, apalagi kalau kita mau beli banyak, memang tidak perlu takut tawar menawar seperti biasanya, cukup anda bilang ; "minta harga buat bisnis", pasti anda akan dapat barang-barang seni yg kualitasnya lumayan dgn harga murah. Pokoknya sepanjang jalan menuju arah Tegalalang enak buat cuci mata, melihat barang kerajinan bukan dari Bali saja, tetapi dari seluruh Indonesia ada disini. Warna - warni aneka kerajinan tangan dgn pernak - pernik menarik akan memuaskan mata kita seperti melihat pelangi seusai hujan.

Tidak ada komentar: