Minggu, 01 Juni 2008

Pesona Candidasa Beach

Banyak turis kita kalau ke Bali selalu hanya mau tinggal di Kuta atau Nusa Dua,
coba sekali-kali cari something different ke Lovina Beach atau ke Candidasa beach yg lokasinya berada di bagian timur pulau Bali. Tidak jauh dari Kuta, hanya sekitar 75 menit bisa tiba di Candidasa beach, ada jalan baru yg luas dari jalan Bypass Ketewel langsung bisa sampai ke Klungkung, Goalawa, Padangbai dan Candidasa. Dulu saat belum BOM Bali 1 & 2, Candidasa sempat ramai oleh kunjungan wisatawan asing, belakangan setelah BOM Bali, sepilah Candidasa.
Padahal di sekitar Candidasa sudah banyak dibangun Villa2 & Hotel2 yang bagus, penginapan yg murah juga ada dgn tarif 50,000 / malam / tanpa AC, kamarnya bersih dengan lokasi di tepi pantai.

Pantai Candidasa pasirnya ada yang putih dan hitam, beberapa bagian bibir pantai sudah lama terkena abrasi laut yang mengikis banyak lahan hotel, belakangan sempat diletakkan betonan mirip huruf 'T' (tetrafoot) di beberapa bagian bibir pantai, gunanya untuk menahan abrasi, sehingga membuat keindahan pantai candidasa ini sedikit berkurang. Tapi Hotel berbintang & Villa2 bagus juga ada disini, dari bibir pantai kita bisa melihat gugusan Batu Karang Gili Tepekong yg menawan. Untuk menikmati wisata air di sini, kita bisa menyewa kapal Jukung bermotor menuju gugusan pulau sekitar, mau Snorkling, Diving ataupun berenang, air lautnya sangat biru dan bersih.
Malam hari memang sepi, karena sepanjang pantai dimana Hotel & Villa berdiri, hanya ada beberapa restaurant yg buka, salah satu restaurant terbaik di Candidasa adalah 'Kubu Bali', menyajikan masakan ala Chinese Food. Dengan model open Kitchen restaurant, kita bisa melihat langsung para koki menyiapkan dan mengolah masakan yang kita pesan, tentunya dengan kesan hygienis serta harga yang terjangkau.

Object Pariwisata penunjang di Candidasa adalah desa Tenganan dimana salah satu suku asli Bali berada disini. Desa Tenganan ini dikelilingi dinding di bagian kiri & kanan yang lumayan tinggi mirip Tembok Berlin, mungkin dulunya dibangun untuk menghindari serangan musuh pada jaman raja-raja di Bali. Disini juga terkenal atraksi Perang Pandan, pria-pria berkelahi dgn membawa tameng dan daun pandan berduri. Selain object Pariwisata desa Tenganan ada lagi Goa Lawa, yaitu sebuah goa dimana di bagian bibirnya terlihat ribuan kelelawar bergelantungan, sebuah pura yg cukup artistik dibangun di depan pintu masuk Goa Lawa.
Ada lagi object pariwisata 'Taman Ujung' yg letaknya sekitar 30 menit dari Candidasa, taman dengan banyak kolam, konon kolam-kolam ini dipakai para raja dan permaisuri kerajaan Karangasem dulu. Tidak ada salahnya kalau anda sudah seringkali ke Bali dan ke tempat yang itu-itu aja, cobalah kunjungi Candidasa Beach, tempat yang cukup enak untuk beristirahat semalam atau dua malam. Murah meriah dan nyaman tentunya.

Tidak ada komentar: