Senin, 02 Juni 2008

Ayam Betutu Men Tempeh - Gilimanuk

Bagi penggemar makanan super pedas, dan bagi mereka yang mau ke Bali dari pulau Jawa lewat jalan darat, jangan lupa mampir di warung 'Ayam Betutu Men Tempeh'.
Warungnya sederhana, tapi sangat terkenal sejak 20 atau mungkin 30 tahun yang lalu, lokasinya berada di terminal umum yang lama di Gilimanuk. Saat ini di sekitar terminal banyak bermunculan warung-warung yang menjual Ayam Betutu ala Men Tempeh yang dikelola oleh para keluarga Men Tempeh atau mungkin juga para kompetiternya yang mendompleng nama beliau. Kalau mau menikmati yang asli, carilah warung yang lokasinya di sebelah atas. Warung ini buka mulai pagi sekitar jam 09.00 s/d jam 16.00 Wita.
Apa yang membuat ayam Men Tempeh ini enak & terkenal ? Mungkin cita rasanya yang pedas, yang membuat orang makan sampai berkeringat dan bercucuran airmata :-P
Ayam Betutu ala Men Tempeh menggunakan ayam kampung yang dilumuri cabe rawit kuning & merah, bawang merah, bawang putih plus bumbu dapur yang sedap lalu di kukus, sampai empuk dan bumbunya meresap, tentu saja makannya harus dengan nasi putih hangat, ditambah dengan sambal matah (sambal bawang merah mentah) dan sayuran hijau mirip bayam yang dikukus serta gorengan jeroan ayam & kacang tanah, wah sedaaaap sekali deh.. makan sambil ngoees ngoees kepedasan...bisa-bisa mertua lewat nggak keliatan.
'Ayam Betutu Men Tempeh', sudah lama di kenal oleh masyarakat Bali yang sering bepergian ke pulau Jawa via darat, juga populer di antara para sopir bus malam & truck yang sering bulak - balik ke Jawa. Saya dan keluarga baru mengenalnya sejak awal tahun '90an.
Hampir pasti setiap kali naik mobil ke Surabaya, saya & keluarga akan beristirahat sejenak di warung ini sambil menikmati ayam extra pedas.
Ayam Pedas model gini di Bali sering juga disebut Ayam Betutu Gilimanuk, tapi menurut saya lebih cocok kalau disebut Ayam Pedas, karena ada juga Ayam Betutu yang dimasak ala Bali dengan bumbu yang lengkap dan berbeda dengan Men Tempeh. Pokoknya Ayam Betutu maupun Bebek Betutu adalah makanan enak yang ada di Bali. Mantan seorang menteri di era Soeharto adalah orang yang sangat ngefans pada Ayam Pedas ala Men Tempeh. Setiap kali ada acara di Bali, pasti sang menteri akan menyuruh ajudannya untuk membeli, bahkan seringkali Ayam Pedas ini dikirim sampai ke Jakarta dengan memakai jasa cargo pesawat.
Ayam ini pedasnya tidak main-main lho, kita boleh order setengah ekor, nasi putih, gorengan jeroan dan es teh tawar, dijamin dalam beberapa kali suapan, mulut akan terasa mulai panas karena cabenya yang minta ampun deh pedasnya. Harganya....murah kok, seekor cuma 50,000 rupiah saja. Bagi yang berdomisili di area Jawa Timur, silahkan beli take a way juga, supaya bisa bawa oleh-oleh ke rumah.

1 komentar:

infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kuliner terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!