Senin, 05 Mei 2008

Wisata Kuliner di Sanur

Sejak Bpk Bondan (yg sering bilang Mak....Nyus) muncul di tayangan Wisata Kuliner Trans TV, banyak orang menjadi tertarik utk berwisata kuliner ke banyak daerah di Indonesia. Pulau Bali juga banyak sekali menyediakan masakan unik yg bisa disantap, mulai dari yang makanan asli Bali, Chinese, Korea, Jepang, Italia, Mediteranian, Western sampai India semua komplit ada di sini. Saya akan mengulas satu persatu tempat makan populer yang ada di Bali ini dengan berbagai menu makanannya yang ngetop di Bali, dari yg kelas murah sampai dgn yg mahal, anehnya banyak masakan dn katagori kaki 5, justru enak-enak makanannya.

MAK BENG
Mak Beng adalah sebuah warung kecil di tepi pantai, menyajikan masakan khas yang bukan main sedapnya. Warung Mak Beng ini sdh berdiri sejak tahun 1941, dikelola secara turun menurun, dgn lokasi di dekat Pantai Bali Beach Hotel, Sanur. Saya sendiri mulai kenal masakan khas Mak Beng ini sejak th 80 an. Warung kecil ini cuma berkapasitas tempat duduk untuk sekitar 20 orang, tapi pengunjungnya nggak pernah sepi, terutama pada jam makan siang, kita harus ekstra sabar ngantri.

Menu yang dijual adalah Sop Kepala Ikan dengan bumbu ala Bali yg khusus, dengan potongan2 mentimun yg dimasukan kedalam kuah sehingga menambah rasa kuah menjadi manis (bukan karena Vetsin tentunya). Sop ini didampingi dengan sepotong ikan goreng berikut sambalnya yang suedapp, pedas plus sedikit kecap asin dan jeruk limau. Sambal yang pedas dan unik ini membuat acara makan kita semakin nikmat. Denger2nya sambal ini diprakasai oleh mertua Mak beng sejak berdirinya warung ini.. so pasti resepnya sudah turun menurun deh.

Rasa ikannya gurih banget, digoreng kering tapi dagingnya empuk. Selain Sop Kelapa Ikan, Mak beng juga menyediakan Sop Sayuran yang mirip sop masakan kita di rumah. Apabila kita datang, tidak perlu lihat menu lagi, langsung pramusaji di situ menanyakan berapa porsi yang mau kita order, dan dalam hitungan maksimal 5 menit datanglah si pramusaji membawa nampan berisi sop kepala ikan, ikan goreng, serta nasi.


Bagi penggemar ikan plus sambal pedas, pasti deh dijamin cocok di lidah, anda akan ketagihan untuk datang lagi ke warung ini. Dengan membayar 30 ribu rupiah, kita sudah mendapatkan menu komplit plus nasi putih dan es teh tawar. Warung ini buka mulai pagi sekitar pk 09.00 s/d pk 16.00, Selamat mencoba, bersiap-siaplah untuk berbagi meja dengan pengunjung lain bahkan kadang-kadang di warung kecil ini kita bisa ketemu sama selebriti lho...

Tidak ada komentar: