Rabu, 21 Mei 2008

TEGALALANG

Belum banyak orang kita tahu kalau di Ubud bagian utara ada satu daerah home industri yg sangat banyak, namanya Tegalalang, ratusan toko2 dan manufaktur ada disini, aneka kerajinan tangan kucing2an, dolphin, jerapah, dll yang terbuat dari kayu atau besi, aneka model tas dari beragam bahan, ukiran batu2 padas kecil, ukiran kayu murah meriah, topeng2 kayu, macam2 kerajinan tangan dari kaca yang dibentuk menjadi vas bunga, botol unik, piring2, semuanya ada di sini. Toko & showroom ini berjejer sepanjang 10 Km, kalau kita berbelanja disini, tentu saja harga


yang dipatok murah meriah, jauh lebih murah dibanding pasar Sukawati juga pasar Ubud, apalagi kalau kita belanja partai (dalam jumlah banyak), pasti lebih murah lagi. Di sinilah gudang kerajinan tangan dari semua produk Bali yg lku bak kacang goreng, banyak sekali para whole seller orang bule yg order & beli di sini.

Kalau kita berkendaraan lewat daerah Tegalalang, pasti mata kita akan tertarik pada aneka warna serta macam2 bentuk kerajinan tangan yang dijajar di sepanjang jalan, toko2 kecil jadi penuh dgn warna - warni produk kerajinan yg dijual dalam partai besar maupun eceran. Kadang-kadang penjual disini tidak mampu berkomunikasi dgn orang asing, tapi heran juga lho kerajinan tangan di Tegalalang ini sudah tersebar ke seluruh dunia, hebat kan ? Coba deh kalau mau ke Ubud mampir di Tegalalang, atau kalau mau ke Kintamani mampir juga di Tegalalang.

Tidak ada komentar: