Senin, 05 Mei 2008

Nonton Dolphin & Sunrise di Lovina Singaraja

Bali yg pantainya sdh terkenal sejagad raya, ternyata masih banyak menyimpan keunikan tersendiri, coba lihat pantai Lovina yg berada di sebelah utara pulau Bali, tepatnya di Singaraja. Ditempuh sekitar 2,5 jam dari Denpasar. Pantainya tidak terlalu putih, cukup banyak wisatawan asing yg mengunjungi daerah ini, hanya 10 menit dari Singaraja, menuju arah barat jalan menuju Gilimanuk. Walaupun pantainya tidak terlalu indah, tetapi keunikan di bawah lautnya ternyata begitu banyak Dolphin liar yg sering beratraksi muncul kepermukaan laut disekitar.

Hotel berkelas bintang 2 - 3 dan Melati bertebaran sepanjang pantai Lovina, dgn harga terjangkau dari mulai 200 ribuan - 500 ribuan plus makan pagi berdua. Biasanya kalau kita tiba sore hari dan check in ke Hotel, point pertama adalah menikmati Sunset dari pantai utara Lovina, banyak tourist Nusantara yg hanya tahunya pantai Kuta kalau mau menikmati Sunset, memang sih tourist kita jarang mengunjungi pantai Lovina.

Nonton atraksi Dolphin dilaut lepas tentu sebuah keunikan sendiri, melihat bagaimana Dolphin2 muncul berlompatan dalam kelompok puluhan sampai ratusan Dolphin di pagi hari, biasanya sekitar pk 05.00 Wita kita sdh harus bangun, pk 05.30 sdh harus berangkat dgn menggunakan kapal kecil mirip Jukung bermotor yg hanya muat 3 - 4 penumpang saja. Siapkan camera Handycam & Camera utk mengabadikan moment2 unik ketika Dolphin mulai muncul dipermukaan, pokoknya ketika berada di atas kapal kecil, jangan gaduh, menurut nelayan disana, Dolphin tidak mau muncul kalau banyak suara dipermukaan laut, kita harus tenang dan sabar ketika menantikan Dolphin utk muncul keatas permukaan laut Lovina.

Memang ada kalanya Dolphin tidak muncul sama sekali, para nelayan bilang kalau tidak muncul kemungkinan utama cahaya matahari mulai terik, sehingga Dolphin tidak nongol. Tetapi jangan khawatir, kalau betul2 gagal tidak sempat melihat Dolphin, tinggal 1 malam lagi di Lovina, coba lagi pada hari berikutnya, pasti dapat melihat Dolphin.

Begitu Matahari pagi mulai muncul, langit disekitar pantai Lovina sungguh menawan, langit mulai kemerahan, kita tinggal ambil beberapa moment indah di pagi buta dari atas kapal Jukung sambil menantikan Dolphin yg muncul secara bergerombolan atau individual, kalau kita lagi hokky bisa saja kita kelabakan jeprat sana jepret sini, karena kemunculan Dolphin liar tidak bisa diprediksi, pokoknya suka - suka Dolphin kapan mau nongol, kapan tidak nongol, urusan mereka.

Bukan kaya Dolphin yg berada di Gelanggang Samudra Ancol Jakarta yg dilatih utk melakukan atraksi bagi penonton yg bayar, di lautan lepas Lovina, Dolphin2 ini bebas melakukan atraksinya sendiri, dgn melompat lompat beriringan, tertib dan lucu. Pasti anda-anda akan tersenyum & tertawa gembira. Biaya sewa kapal kecil cukup murah, kurang dari 100 ribuan utk 3 - 4 orang. Khusus bagi penumpang anak-anak, cukup riskan kalau mau ikut tentunya karena kapalnya kecil banget, kalau pun mau ikut boleh saja tetapi minta pengemudi kapal utk menyiapkan "Life Jacket", anak-anak usia 5 - 12 tahun lebih enak dibawahnya, bagi yg usia dibawah 2 tahun jangan deh, repot gendongnya.
Bagi anda yg pertama kali ke Lovina, seandainya tidak berjumpa satu ekor Dolphin di lautan lepas, jangan kecewa, karena memang nonton Dolphin di lautan lepas utk melihat Dolphin muncul kepermukaan laut sifatnya untung-untungan, tidak ada kiat khusus utk persiapan sebelum bangun pagi buta, pokoknya senyum2 aja deh, walaupun Dolphinnya tidak muncul, saat Matahari pagi muncul, kita sdh merasa senang, berada dilautan lepas sekitar 1,5 jam memang punya keasyikan tersendiri, pasti kita akan berdetak kagum bahwa Tuhan menciptakan alam ini ajaib sekali.

1 komentar:

nyits mengatakan...

wah, pasti seru deh nonton lumba2 berkeliaran dengan bebas, waktu saya berkunjung ke Pulau seribu kita juga disambut oleh2 lumba2 secara tiba2 dan itu benar2 amazing banget rasanya :)