Sabtu, 10 Mei 2008

Kuliner di UBUD

Ubud adalah sebuah desa pusatnya seni di Pulau Bali. Ubud terkenal dengan hasil kerajinannya yang beraneka ragam, serta pemandangan alamnya yang asri dan sangat indah. Banyak hotel-hotel serta villa keren berdiri dengan megah, di antaranya Four Season Hotel, Kamandalu, Kupu-kupu Barong, Royal Pitamaha, Begawan Giri, dan lain-lain. Saat ini Ubud makin ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menikmati indahnya alam dengan suasana nyaman. Dengan makin ramainya wisatawan yang mengunjungi Ubud, maka kuliner Ubud juga semakin menjamur dengan aneka macam menu-menunya.

BEBEK BENGIL

Restoran ini berdiri pada tahun 1990, terletak di sentra Ubud, tempat makan yang di design special untuk kenyamanan para pengunjungnya. Awal mulanya pemilik restoran ini kebingungan saat harus memberikan nama pada restoran yang sedang dibangunnya. Hingga pada suatu hari datanglah segerombolan bebek dari sawah yang ada di seberang bangunan ini, bebek-bebek ini berjalan mengelilingi bangunan dan di antara kaki meja, meninggalkan jejak-jejak mereka yang kotor. Karena itu, restoran ini diberi nama " Bebek Bengil " yang artinya Bebek Kotor (Dirty Duck) sebagai kenang-kenangan bahwa bebek-bebek kotor itulah yang menjadi tamu pertama bagi restorannya.

Bila kita duduk di restoran ini, kita bisa menikmati suasana yang berbeda dengan tempat makan pada umumnya. Di sini disediakan 'bale bengong' (lesehan) lengkap dengan meja panjang serta jok empuk (cushion) plus beberapa bantal kecil. Kita bisa makan ala lesehan sambil menikmati pemandangan sawah yang hijau atau menguning saat panen tiba. Menu makanan yang paling populer adalah Crispy Duck, setengah ekor bebek yang digoreng kering dan renyah, disajikan bersama nasi putih, sayur kacang panjang bumbu bali, sambal matah (cabe potong dicampur bawang merah mentah dan minyak kelapa) dan sambal cabe merah. Harganya Rp. 57.000,- ++ / porsi. Ada juga Smoke Duck (Bebek Betutu), yaitu Bebek utuh yang dimasak dengan bumbu Bali, dibungkus daun pisang, mirip pepesan ala Betawi. Kalau mau coba menu yang ini harus diorder sehari sebelumnya. Harganya memang mahal sekitar 200 ribuan, bisa disantap 4 - 5 orang. ada nasi goreng, nasi campur, gado-gado, spagheti, salad, kue-kue semacam Cheese Cake, Caroot Cake, Tiramisu, Chocolate Cake, semuanya sedaaappp, harganya seputaran 25ribu / potong


NASI AYAM "BU MANGKU" KEDEWATAN

Warung Bali yang satu ini adalah pelopor dari warung nasi ayam di Ubud, namanya cukup ngetop, bahkan konon katanya sudah jadi langganan dari keluarga Presiden RI yang pertama, kini cabangnya sudah ada juga di Denpasar dan Kuta. Menu yang tersedia adalah nasi campur ala Bali dgn taste yg sangat khas, dengan lauk Daging Ayam, Sate lilit, Telur serta Sayur Urap plus sambalnya yang sip dan uenaaaaak.............. Kita bisa menikmati seporsi nasi campur ini dengan 15 ribu rupiah sudah termasuk es teh, suasana Warungnya juga unik dan menarik, ada lesehan dgn arsitektur Bali, membuat kita semakin nyaman dan nikmat menyantap sepiring Nasi Campur yg khas ini.

WARUNG MURNI

Warung ini menjual masakan Indonesia, menu yang terkenal adalah nasi campur dengan harga sekitar 50 ribu rupiah. Selain menjual makanan, warung ini juga merupakan galleri ukiran kayu. Letaknya di tebing sungai dengan udaranya yang sejuk, serta berseberangan dengan museum Antonio Blanco pelukis asal Spanyol yang terkenal yg menikahi gadis Bali, beliau terkenal dengan lukisannya wanita bugil.


ROYAL PITAMAHA SAYAN - UBUD
Sebenarnya tempat ini adalah villa mewah untuk konsumsi orang asing, di dalamnya ada restoran yang menyajikan suatu pemandangan yang amat sangat luar biasa bagusnya, banyak yang bilang kayak di Sorga deh.................Sebuah hamparan lukisan alam yang hidup dan terbentang nyata di hadapan mata kita, keindahannya sangat menakjubkan, alam yang hijau dengan gemericik arus sungai Ayung yang mengalir, serta suara burung yang berkicau merdu, membuat kita ogah pulang. Restaurant ini biasanya digunakan untuk coffee break para wisatawan asing, tetapi saya telah memulainya dgn membawa turis domestik utk menikmati suasana Taman Eden ini. Menu yang disediakan adalah beberapa macam snack plus teh atau kopi serta buah segar. Harga yang dipatok hampir USD.10 / orang. Maaf, disini hanya berlaku uang Amerika, kalau mau bayar uang Indonesia silahkan di kurs kan lebih dulu.
Inilah salah satu tempat terindah di Sayan - Ubud, Royal Pitamaha, tempat yg tenang, bahkan bagi mereka yg mau menenangkan diri, di kaki perbukitan Villa Royal Pitamaha ini, tepatnya di tepi aliran sungai Ayung, ada sebuah tempat istirahat, seperti "Bale Bengong", tempat ini sering dipakai utk Yoga bagi orang asing.

3 komentar:

infogue mengatakan...

Artikel di blog ini menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Telah tersedia plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
http://kuliner.infogue.com
http://kuliner.infogue.com/kuliner_di_ubud

Elsa mengatakan...

saya sudah nyobain nasi ayam kadewatan bu mangku itu, ternyata emang uuuenak pol!!!!

Gabrielle Meisel mengatakan...

Informasi yang menarik, sepertinya anda seorang penikmat wisata kuliner. Ubud merupakan salah satu lokasi wisata yang direkomendasikan untuk penikmat kuliner. di tempat ini terdapat banyak lokasi restoran lokal yang menarik, meski begitu anda juga bisa menemukan restoran mewah yang ada di resort, hotel ataupun villa. salah satu yang perlu anda ketahui adalah villa Ubud Restoran. anda bisa mengikutinya di http://www.balivillaubud.com/restaurant/ ...terima kasih.