Senin, 05 Mei 2008

Arung Jeram di Desa Bongkasa

Arung Jeram atau biasa disebut Rafting, atraksi ini memang tersedia di banyak lokasi di Bali, diantaranya Ubud, Klungkung dan Bongkasa yang sungainya berada di Bali bagian utara.
Sekitar 60 menit perjalanan dari Denpasar, kita akan tiba di desa Bongkasa yang masih asri. Desa ini menurut masterplan Pemda Bali, kelak akan dibangun seperti Desa Seni & Budaya ala Ubud yang sudah terkenal di seluruh dunia. Ketika memasuki desa Bongkasa, sepanjang kiri dan kanan jalan banyak ditumbuhi pohon besar yang rindang, juga hamparan sawah yang luas membuat pemandangan jadi indah sekali. Alamnya masih belum tercemar oleh bangunan, masih banyak rumah adat dengan arsitektur asli Bali

Saat kita tiba di starting point, kita harus melakukan persiapan terlebih dulu, harus memakai Life Jacket, Helm pengaman, dan membawa dayung. Setelah persiapan, kita akan diajak menuruni jalan terjal untuk menuju ke tepi sungai, melewati tebing gunung dengan tangga-tangganya lumayan membuat kaki cape, tapi namanya juga Adventure tentunya harus sedikit keluar keringat baru asyikkk... Setelah tiba di tepi sungai, sebagai persiapan akhir akan diberikan petunjuk-petunjuk oleh Life Guard dan "go".....mulailah menikmati serunya berArung Jeram. Biasanya tiap satu boat diisi dengan empat orang penumpang plus seorang Life Guard.

Ketika curah hujan tinggi, arus sungai akan jadi lebih kencang, tapi jangan kuatir karena kedalaman sungai hanya sekitar 1 meter saja, walaupun kapal terbalik tidak usah takut, adanya Life Jacket tentu akan membuat kita aman. Kadang-kadang boat bisa terbalik disebabkan oleh tidak adanya keseimbangan antar team, atau ketika terjadi benturan ke batu-batu besar membuat boatnya oleng lalu terguling. Jadi saat di dalam boat, kita harus kompak, dan memperhatikan setiap aba-aba dari Life Guard.

Ada beberapa tempat istirahat di pinggir sungai untuk kita jeprat jepret foto, semua barang berharga seperti dompet, camera, handycam bisa dibawa dan ditaruh di kantong waterprof yang tersedia di dalam boat, anti basah jangan khawatir. Antara 60 - 90 menit kemudian kita akan menyelesaikan adventure Rafting ini, so pasti semua dari kita akan basah, kadang bukan karena terguling, tetapi main siram-siraman air antara sesama pemain Rafting yang banyak ketemu di sungai yg sama.

Setelah sampai di finish point, kita harus berjalan lagi ke atas menaiki tangga-tangga di sisi tebing, memang cape rasanya, tetapi Enjoy & Fun. Tiba diatas, kita bisa langsung mandi dan keramas, lalu break dan makan. Nah., ketika kita duduk di dalam mobil kembali, barulah terasa kaki mulai pegal, atau badan jadi pegel linu, tapi jangan khawatirlah..di Bali banyak tersedia tempat Massage yang nyaman, .... Lanjuttt aja dengan Pijat...Yukkkk !!

Tidak ada komentar: